Senin, 17 Oktober 2016

Definis Bisnis dan Tips Supaya Bisnismu Berjalan dengan Lancar


 BISNIS Menurut bahasanya sendiri bisnis berasal dari kata busy artinya sibuk atau business yang berarti kesibukan. Artinya semua orang yang terlibat dalam bisnis pasti sibuk untuk mengurus usahanya agar mendapatkan keuntungan yang semaksimal mungkin. Bisnis itu sendiri dilihat dari barang dagangannya ada 2 hal yaitu barang real nyata dan jasa.

 

Fungsi Bisnis 

Fungsi bisnis itu sendiri bisa dikatakan ada 4, yaitu :

  1. Form Utility, adalah fungsi produksi.
  2. Place Utility, adalah fungsi distribusi
  3. Possesive Utility, adalah fungsi penjualan
  4. Time Utility, adalah fungsi pemasaran atau marketing.

Bagaimana cara agar bisnis yang kita geluti mampu berjalan dengan sendiri secara auto pilot? Berikut ini adalah tips dari Reiner Bonifasius Rahardja, founder dari perusahaan trading ekspor-impor, Reitech Solusindo.
  1. Buat sistem
Pertama buatlah sistem yang bisa dijalankan oleh seluruh karyawan. Tentu saja dengan mencobanya terlebih dahulu, apakah ini bisa dijalankan atau tidak. Jangan sampai hanya berasumsi, karena Anda bisa ditipu atau malah karyawan yang kena getahnya.
  1. Cari orang yang tepat
Ia kembali menambahkan, setelah membuat sistem, Anda harus bisa mencari orang yang tepat untuk bekerja dan menjalankan sistem tersebut. Lihat karakter mereka, cari tahu latar belakangnya, apakah orang tersebut bisa diandalkan untuk posisi tersebut atau tidak.
“Tepat itu bukan berarti lulusan akuntan jadi akuntan, karena banyak yang bekerja tidak sesuai dengan studi yang diembannya. Tapi temui orang yang tepat pada posisi yang tepat, di waktu yang tepat,” jelasnya.
  1. Buat corporate culture
Buat visi-misi yang bisa diturunkan kepada karyawan, seperti apa budaya yang ada pada perusahaan Anda. Namanya boleh macem-macem, tapi intinya, itu adalah dasar hukum yang ada pada perusahaan Anda.
“Mengapa aturan Indonesia bisa ada banyak tapi tidak menyalahi aturan sebelumnya, karena ada landasan Pancasila-nya. Jadi hukum yang nantinya dibuat (meski tanpa sepengetahuan Anda), tidak boleh lari dari pilar hukum yang sudah ada,” tegas Reiner.
Nah, ketiga hal inilah yang menurut pria lulusan University of Shouthern Queensland itu yang tidak bakal bisa ditemui dalam teori mana pun.

Sumber: http://rocketmanajemen.com/pengertian-bisnis/ dan http://www.marketing.co.id/mau-bisnis-jalan-sendiri-secara-auto-pilot/

Bagikan

Jangan lewatkan

Definis Bisnis dan Tips Supaya Bisnismu Berjalan dengan Lancar
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.